Teluk Kiluan, Surganya Ribuan Lumba-lumba di Lampung

Teluk Kiluan merupakan sebuah pulau yang terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung yang memiliki topografi berbukit dan berlembah. Selain memiliki topografi yang berbukit dan berlembah, Teluk Kiluan juga terkenal memiliki ke indahan alam dan surga bagi para pemancing.

Teluk Kiluan sendiri merupakan objek wisata pantai dengan potensi wisata baharinya dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba dan ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Lokasinya itu sendiri berjarak 73 km dari Bandar Lampung dan dapat dicapai selama 3 jam menggunakan mobil. Perjalanan menuju Teluk Kiluan merupakan tantangan tersendiri bagi Wisatawan. Jalan darat di Pesisir Barat Pulau Sumatera itu belum terlalu mulus sehingga perlu keterampilan tersendiri dalam berkendara.

 

Kumpulan Lumba-lumba di Teluk Kiluan.
Istimewa.

Pantai di Teluk Kiluan sangat cocok untuk dijadikan tempat Anda para traveller bersantai. Disana juga terdapat penginapan atau rumah panggung yang cukup layak dijadikan tempat menginap.

Jika Anda berkunjung ke Teluk Kiluan, Anda akan menyaksikan panorama eksotik dari teluk ini, dimana ini merupakan jalur lintasan lumba-lumba, mulai dari gugusan Cengkalik ke arah selatan sampai ke Cuku Kementara. Disarankan untuk Anda para traveller, jika Anda ingin melihat lumba-lumba sebaiknya pada pagi hari sekitar pukul 6 pagi.

Nah, sebagai informasi, konon kabarnya Lumba-lumba disini merupakan kumpulan terbesar di Asia bahkan di Dunia. Diteluk ini setidaknya memiliki dua jenis lumba-lumba yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang yang suka melompat.

Selain Lumba-lumba dan ikan paus, di pulau/teluk ini terdapat hewan primata seperti Siamang, Simpai, dan Kukang yang kerap meloncat dari dahan pohon di hutan teluk ini. Juga terdapat penyu hijau dan penyu sisik yang setiap waktu dapat muncul kepermukaan.

Istimewa.

Nah, tak jauh dari Teluk Kiluan ini juga terdapat pantai berpasir putih yang ada di sekitar pulau, ini merupakan tempat ideal bagi aktifitas wisata air, seperti snorkeling, memancing, dan berperahu. Dijamin deh Anda akan betah saat berada disini dan enggang pergi dari pulau ini.

Mengenai kehidupan masyarakat sekitarnya, disini masih tradisional dan merupakan perpaduan budaya Bali (transmigrasi), Lampung (pribumi) dan Jawa (transmigrasi), dapat Anda saksikan saat dalam perjalanan menuju Teluk Kiluan dari Bandar Lampung.

Jadi, kapan lagi #jelajahinegerimu  siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Tour Package

Leave a Reply