Pulau Weh, Surga yang Terlupakan di Ujung Barat Indonesia

Pulau Weh  adalah pulau yang terdapat di Laut Andaman, terletak diantara 2 kelompok kepulauan, yakni Kepulauan Nikobar serta Kepulauan Andaman, menyebar dalam satu garis dari Sumatra hingga lempeng Burma.

Ilustrasi

Pulau yang terbentang sepanjang 15 km  di ujung paling utara dari Sumatra. Pulau ini hanya pulau kecil dengan luas 156, 3 km², namun mempunyai banyak pegunungan. Puncak paling tinggi pulau ini yaitu satu gunung berapi fumarolik dengan tinggi 617 meter (2024 kaki). Letusan paling akhir gunung ini diprediksikan berlangsung pada jaman Pleistosen. Sebagai akibat dari letusan ini, beberapa dari gunung ini hancur, terisi dengan laut serta terbentuklah pulau yang terpisah.

Istimewa

Di kedalaman sembilan meter (29, 5 kaki) dekat dari kota Sabang, fumarol bawah laut terlihat dari dasar laut. Kerucut vulkanik bisa dijumpai di hutan.

Ada empat pulau kecil yang melingkari Pulau Weh : Klah, Rubiah, Seulako, serta Rondo. Diantara keempatnya, Rubiah adalah salah satu pulau yang populer sebagai tempat pariwisata menyelam dikarenakan terumbu karangnya. Rubiah jadi tempat persinggahan warga Muslim Indonesia yang melakukan haji laut untuk sebelum dan sesudah ke Mekkah.

Istimewa

Pulau Weh menaruh sangat banyak pesona keindahan alam. Pulau yang berada paling ujung barat Indonesia itu diapit oleh terumbu karang yang hidup serta menawan, Pulau Weh belum sedemikian tersentuh, meskipun aksesnya mudah.

Pulau ini adalah taman yang kerap dilupakan. Tempatnya ada di pulau paling barat dari kepulauan Indonesia. Terdapat di jalan pintu masuk Selat Malaka, pulau ini biasanya selalu disambangi banyak kapal yacht serta kapal pesiar untuk bertandang serta menikmati pemandangannya.

Ilustrasi

Menyelam di Pulau Weh adalah salah satu aktivitas yang mengasyikkan. Penyelam memiliki pengalaman serta instruktur menyelam siap tawarkan beragam tempat penyelaman, seperti taman laut di Pulau Rubiah. Anda bakal temukan banyak hewan laut yang mengasyikkan, terlebih pari manta, hiu, paus, lumba-lumba, serta penyu.

Leave a Reply