Pulau Spongebob di Kepulauan Derawan, Indah Tapi Bikin Nyali Ciut, Berani Datang?

Penggemar kartun anak-anak Spongebob Squarepants pasti sangat familiar dengan Bikini Bottom, sebuah kota bawah laut yang menjadi tempat tinggal Spongebob dan teman-temannya seperti Patrick, Squidward dan Mr Crab. Jika dilihat dari permukaan laut, Bikini Bottom berbentuk pulau kecil dengan pohon kelapa di atasnya.

Pulau seperti Bikini Bottom tidak hanya ada di kartun saja, di dunia nyata, tempat ini memiliki kemiripan dengan sebuah pulau di Kalimantan yakni Pulau Manimbora. Lantaran permukaanya mirip dengan Bikini Bottom, pulau ini lebih lebih populer dengan nama Pulau Spongebob.

Pulau tak berpenghuni ini terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Luasnya sangat kecil dan terpencil di tengah hamparan laut dangkal. Pasir putih cukup luas mengelilingi pulau ini yang kontras dengan sejumlah pohon kelapa tumbuh menjulang di permukaannya.

ist

Kehadiran pohon kelapa di pulau ini yang membuat pulau ini dijuluki Pulau Spongebob, lantaran saat dilihat sepintas, sangat mirip dengan Bikini Bottom dari permukaan laut, hanya saja pohon kelapa yang tumbuh lebih banyak.

Di kalangan wisatawan pulau ini sangat populer. Mereka tidak pernah melewatkan pulau ini menjadi destinasi saat menjelang Kepulauan Derawan. Selain pesonanya yang menakjubkan, pulau ini juga memiliki daya tarik lain, yang terdengar menyeramkan, yakni tulang belulang manusia beneran yang berserakan di sudut-sudut pulau.

Mengejutkan memang, tapi pemandangan benar-benar nyata, lantaran pulau ini menjadi lokasi pemakaman suku Bajau yang tinggal di Balikukup. Mereka sejak lama menguburkan jenazah di pulau ini.

ist

Karena permukaan pulau yang sejajar dengan laut, tidak heran jika makam akan mudah terjangkau oleh air laut ketika pasang. Sehingga jenazah akan menyembul keluar dan terbawa arus.

Tapi tidak semua makam terbawa arus, di beberapa sudut lain, masih ada makam yang kokoh seperti bentuk semula bahkan dengan pagar pembatas dan batu nisannya yang beragam. Ada yang pipih, lonjong dan bulat.

Kendati terkesan cukup menyeramkan, tapi jangan khawatir, pulau ini sangat aman dan jarang terdengar kejadian mistis yang dialami wisatawan. Wisatawan bisa datang seperti biasa, menikmati keindahan pulau dan mengeksplorasi sisi-sisi lain pulau termasuk makam yang ada di pulau ini.

ist

Ini tentu akan menjadi pengalaman unik, wisata pantai sekaligus wisata cukup aneh, melihat makam plus tulang-belulang manusia sebagai bonusnya.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Pulau Manimbora atau Pulau Spongebob di Kalimantan Timur?

Leave a Reply