Pulau Seribu, Gugusan Pulau Pulau Indah di Ibu Kota

Pulau Seribu adalah sebuah kepulauan yang masuk dalam Kabupaten Administrasi daerah Khusus Ibukota Jakarta, yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 20.000 ribu jiwa yang tersebar di pulau-pulau kecil di kepulauan ini. Setidaknya ada 11 pulau yang berpenghuni. Luas kepulauan ini mencapai kurang lebih sekitar 108.000 hektar. Pusat pemerintahan Kepulauan Seribu itu sendiri berada di Pulau Pramuka. Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Siberia. Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Sepa, Pulau Matahari, dan sebagainya.

Pulau Harapan.
istimewa

Di Kepulauan Seribu ini terbagi menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. Dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara yang membawahi tiga kelurahan juga yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang.

Kepulauan seribu menyimpan begitu banyak potensi wisata terutama wisata bahari yang bisa anda ekplor lebih dalam. Karena, kepulauan seribu ini masuk dalam gugusan kepulauan yang berada di Utara Jakarta dan dapat dengan mudah di jangkau. Kepulauan Seribu ini juga masuk dalam Zona Konservasi taman nasional laut yang bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS).

Penyu Sisik.
Istimewa

Nah, di kepualaun ini anda juga bisa menemukan peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu untuk kota Jakarta dari Kolonial Belanda yaitu sebuah benteng yang ada di Pulau Onrust yang di jadikan pulau cagar budaya serta ada juga pulau yang di jadikan pulau suaka alam yaitu Pulau Rambut.

Pulau Onrust.
istimewa

Flora dan Fauna yang dimiliki oleh Kepulauan Seribu ini beragama jenisnya, Seperti Penyu Hijau dan Penyu Sisik (hewan yang dilindungi), Biawak, Elang Bondol, Burung Pecuk Ular, Roko-roko, Raja Udang biru kecil, Ular Cincin Emas dan Ular Sanca serta hewan lautnya seperti jenis koral, moluska, ekinodermata dan ikan serta terumbu karang.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk  menikmati pesona keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply