Pulau Satonda, Pulau Vulkanis Purba dan Danau Air Asin yang Mempesona di NTB

Pulau Satonda merupakan salah satu pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu. Letak pulau ini tidak jauh dari gunung api purba Gunung Tambora yang meletus pada tahun 1815. Di pulau ini terdapat sebuah danau yang memiliki luas sekitar 2,5 km yang bernama Danau Satonda yang terletak di tengah pulau. Menurut penelitian yang pernah di lakukan di danau ini, air danau di Pulau Satonda dua kali lebih asin dari air laut.

Di Pulau Satonda ini, anda dapat menikmati keindahan alam, pantai dan bawah lautnya selain danau air asinya. Pulau ini juga sering di jadikan tempat persinggahan para wisatawan yang melakakan sailing trip ke Flores dan Pulau Komodo.

Danau Satonda yng memiliki kadar air asin lebih tinggi dari air laut.
istimewa

Yang unik dari pulau ini adalah ada sebuah mitos yang terdapat di danau ini yaitu batu tergantung pada dahan dan ranting yang berada dipinggiran danau yang dipercaya sebagai perlambang doa dan harapan yang dipercaya dapat terkabul. Konon kabarnya batu-batu itu di gantung oleh masyarakat pribumi Sumbawa. Jika anda berkunjung kepulau ini anda bisa juga ikut menggantungkan batu di pohon pinggir danau.

Pantai Pulau Satonda.
istimewa

Tak hanya di danau saja, kawasan pantai di Pulau Satonda juga menjadi daya tarik tersendiri dengan pasir putihnya serta taman bawah lautnya yang landai di sisi timur dan selatan. Dan buat anda yang suka menyelam, terumbu karang serta beragam jenis dan ukuran ikan laut di sekitar pulau ini bisa anda nikmati dengan bersnorkeling yang letaknya tak jauh dari garis pantai pulau vulkanis ini.

Pulau Satonda.
istimewa

Pulau ini tidak berpenghuni, namun di pulau ini terdapat beberapa penginapan yang berada di tepi pantai yang bisa anda sewa untuk bermalam di pulau ini. Juga, sudah disediakan pula toilet dan tempat bilas bagi anda sehabis bersnorkeling dan diving. Jika anda berkunjung kepulau satonda, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman secukupnya serta pakaian ganti.

Pulau Satonda.
istimewa

Untuk bisa sampai di pulau ini anda bisa memulai melakukan perjalanan dari Sumbawa Besar ke Desa Nagamiro yang ditempuh sekitar 8 jam perjalanan. Atau bisa juga melalui Dompu yang ditempuh sekitar 5 jam. Setelah sampai di pelabuhan Nangamiro perjalanan dilanjutkan kembali ke Pulau Satonda dengan perahu yang memakan waktu 1 jam dan dikenakan harga  perorangnya Rp 25.000.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply