Pulau Rubiah, Pesona Kerajaan Bawah Laut Surganya Pecinta Snorkeling

Taman Laut Pulau Rubiah adalah salah satu pulau cantik yang masih tetap asri dengan luas lokasi kurang lebih 2.600an Hektar yang terkenal dengan panorama alam kerajaan bawah lautnya. Kondisi alam bawah laut yang masih asri dan alami dengan beragam jenis biota laut. Pulau Rubiah bisa dikatakan sebagai tempat surganya untuk wisatawan yang hoby menyelam.

Istimewa

Nama pulau Rubiah sendiri di ambil dari nama seseorang yang bernama Cut Nyak Rubiah yang makamnya bisa anda temukan di pulau ini.

Pulau Rubiah ini adalah pulau yang tidak berpenghuni. Meskipun demikian tak perlu khawatir, di pulau ini anda masih menemukan satu warung kecil yang menjual makanan serta minuman. Pulau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara terutama pada hari libur.

Istimewa

Mereka yang datang tidak hanya sekedar untuk bermain di bersihnya pasir pantai, ada pula yang berkeliling pulau menggunakan perahu yang dapat di sewa, bahkan tak sedikit yang  menjajal snorkeling menikmati panorama indah kerajaan bawah laut pulau ini. Air laut di pulau ini begitu bersih serta jernih. Juga pengunjung dengan mudah bisa menyaksikan panorama kerajaan bawah laut dari atas permukaan air sampai dengan kedalaman 15 meter.

Saat Snorkeling, seringkali pengunjung mudah menyaksikan sekumpulan ikan laut yang berenang di sela-sela terumbu karang yang menyejukan mata. Jenis ikan yang kerap ditemukan di sini beragam jenis misalnya seperti ikan Bendera, ikan Kepe-kepe, ikan warna,serta ada banyak jenis ikan lainnya yang ada di pulau cantik ini.

Istimewa

Selain itu juga ada banyak ragam jenis biota laut yang ada di pulau ini, seperti bintang laut, bunga lili laut, cumi-cumi serta beragam jenis terumbu karang beragam warna. Terumbu karang yang ada di sini mulai dari karang keras hingga sampai yang empuk, seperti karang meja serta karang tanduk

Untuk menjajal keakraban pengunjung dengan ikan-ikan yang ada di Pulau Rubiah tak lupa untuk mengabadikannya dengan kamera. Di sini juga telah banyak persewaan perlengkapan snorkeling serta persewaan kamera Underwater seperti Gopro. Di Pulau Rubiah ada penyewaan alat snorkeling yang bisa disewa seharga Rp 40. 000 per orang yang bisa digunakan seharian penuh. Ada juga penyewaan perahu berkapasitas 12 penumpang yang beralas kaca hingga kita dapat memandang ke bawah laut yang dikenakan biaya Rp 300. 000. Sedangkan ongkos untuk diving, tergantung kemana serta berapa lama Anda diving.

Istimewa

Pulau Rubiah ini terletak di ujung barat laut Pulau Weh, Sabang. Walaupun akses untuk menuju pulau ini cukup mudah, belum banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Padahal, keindahan alam bawah laut Pulau Rubiah ini sudah terkenal setara tingkat internasional. Keindahan bawah laut Pulau Rubiah ini benar – benar memanjakan mata kita.

Dari pelabuhan Balohan, yang disebut pelabuhan penyeberangan Banda Aceh – Pulau Weh, pengunjung bisa naik bus umum untuk menuju pantai Iboih. Biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp. 50.000 dengan jarak tempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Setibanya di pantai Iboih, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan menyeberang ke pulau Rubiah.

Leave a Reply