Pulau Peucang, Keindahan dan Kearifan Alam di Situs Warisan Dunia UNESCO

Pulau Peucang adalah sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 450 hektar dan berada di wilayah Provinsi Banten. Pulau ini letaknya berada di selat Panaitan, Pandeglang yang masuk kedalam Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini juga termasuk dalam satu situs warisan dunia yang diberikan oleh UNESCO.

Pantai Pulau Peucang.
istimewa

Pulau Peucang memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih, ketika anda sampai di dermaga Pulau Peucang anda dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang di dasar laut dari atas kapal yang anda tumpangi.

Karena memiliki pantai yang bersih dan air laut yang jernih, pantai di pulau ini bisa anda jadikan salah satu destinasi yang wajib anda masukan dalam daftar liburan anda. Pemandangan di Pulau ini sangatlah indah, jika anda tengah berada di pulau ini dan menghadap ke laut, anda akan melihat bukit-bukit hijau yang banyak ditumbuhi pepohonan.

Hewan Liar Pulau Peucang.
istimewa

Tak hanya itu, disini juga masih banyak hewan liar yang masih berkeliaran seperti kera, rusa, dan babi hutan.

Tak perlu dipungkiri lagi, keindahan dan kearifan alam yang ada di Pulau Peucang ini mampu menarik minat para wisatawan untuk datang hanya ingin menikmati keindahan alam yang telah disediakan oleh pulau ini.

Pantai pulau ini begitu indah, dengan hamparan pasir putih yang berbaur dengan hijau muda kebiru-biruannya air laut cocok sekali untuk anda berenang, menyelam, memancing, dan bersnorkeling di pulau ini.

Ilustrasi

Nah, untuk anda yang suka menyelam, di pulau ini terdapat spot yang cantik yang menjadi tempat favorit karena keindahan alam bawah laut dan keberanekaragaman ikannya, namanya Karang Pocong (karang mati besar yang belubang) letaknya ada disebelah utara pulau ini. Spot ini juga menjadi tujuan untuk para pemancing lokal. Selain pantai dan alam bawah lautnya, di Pulau Puecang ini juga terdapat Air Terjun yang bernama Citerjun.

Karang Copong.
istimewa

Perjalanan menuju Pulau Peucang ini bisa anda lakukan menggunakan dengan bus tujuan Jakarta-Labuan dari terminal Kalideres dengan biaya kurang lebih Rp 25000 sampai terminal Labuan lalu perjalanan dilanjutkan lagi menuju Taman Jaya yang memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan dan disambung lagi dengan menyewa perahu untuk sampai di Pulau Peucang.

Jadi, kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia

Leave a Reply