Pulau Pasumpahan dan Pamutusan, Dua Mutiara Tersembunyi di Padang

Pulau Pasumpahan dan Pamutusan memiliki kondisi alam lebih alami dibandingkan dengan Pulau Pagang. Kedua pulau ini juga relatif lebih sepi. Jadi akan sangat mengasyikkan untuk anda yang tengah mencari tempat berlibur jauh dari keramaian.

Ilustrasi.

Pulau Pamutusan memiliki satu pantai yang unik, pantai ini hanya bisa terlihat ketika air surut. Pulau yang memiliki ukuran 8 hektar ini dikenal juga memiliki pasir putih yang lembut yang dihiasi oleh tumbuhan mangrove dan pohon kelapa.

Cukup banyak kegiatan yang dapat anda lakukan saat berkunjung kesini. Bagi anda yang senang bermain air, anda bisa berenang ataupun juga bersnorkeling. Selain itu, anda jug bisa mengelilingi pulau. Jika anda mau, bisa juga trekking menuju puncak bukit Pulau Pamutusan.

Pulau Pasumpahan.
istimewa

Sementara itu Pulau Pasumpahan merupakan pulau yang ukurannya lebih kecil lagi, yaitu hanya 5 hektar. Pantai di pulau ini terkenal memiliki air yang jernih dengan pasirnya yang putih. Tak ketinggalan juga kekayaan alam bawah lautnya disini memiliki beragam jenis terumbu karang serta biota laut yang tinggal di dalamnya dan juga bisa dilihat lebih dekat.

Seperti halnya di Pulau Pagang, Anda bisa juga bermalam di Pulau Pasumpahan serta Pamutusan ini. Tapi di kedua tempat ini tidak ada penginapan. Jadi hanya satu-satunya pilihan yang dapat anda lakukan adalah dengan membawa tenda. Untuk menginap di Pamutusan, ada ongkos sewa tempat sebesar 25 ribu rupiah. Sementara di Pasumpahan biayanya sebesar 15 ribu rupiah.

Pasumpahan Island.
istimewa

Untuk menuju ke dua pulau cantik di Padang ini, anda juga bisa berangkat dari berbagai tempat. Pertama, Anda bisa melalui Muara Padang, namun dermaga ini bukan dermaga yang secara resmi menyediakan transportasi menuju ke Pagang, Pulau Pasumpahan serta Pamutusan. Cara termudah yang bisa lakukan adalah dengan menuju ke Bungus. Disini, ada perahu nelayan yang siap untuk melayani transportasi menuju ke ketiga pulau cantik ini.

Jadi kapan lagi #jelejahinegerimu, siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply