Pulau Panjang, Pulau Eksotis selain Karimunjawa di Jepara

Pulau Panjang di Jepara, Jawa Tengah merupakan satu pulau yang tidak kalah indah dengan pulau Karimunjawa.

Di pulau Panjang ini wisatawan disuguhkan dengan pemandangan alam pulau yang eksotis, yang relatif terbangun keasriannya serta pengunjung yang dikenakan biaya cukup murah dan terjangkau.

Wisatawan yang akan menuju Pulau Panjang dapat melalui dua jalur, yakni jalur dari Pantai Kartini, Jepara, dan jalur dari Pantai Bandengan, Jepara. Dua jalur tersebut paling umum dilewati oleh wisatawan domestik.

istimewa

Perjalanan dari dua pantai tersebut menuju Pulau Panjang membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan kapal nelayan.

Khusus akhir pekan, kapal nelayan yang melayani penyeberangan standby di Dermaga Pantai Bandengan. Dan untuk biaya penyeberangan ke pulau cukup membayar Rp 15.000 untuk satu paket keberangkatan dan kepulangan.

Tiba di Pulau Panjang, ada satu jembatan kayu yang dipakai untuk perjalanan kaki menuju pulau. Disana sudah ada petugas yang akan meminta tarif masuk menuju gerbang tempat wisata.

istimewa

Setelah membayar retribusi masuk Rp 5. 000, Anda bebas berpetualang menyusuri pulau, bermain air pantai yang jernih, dan berswafoto ditempat yang disiapkan. Pulau Panjang memiliki garis pantai yang tidak sama dengan Pantai Kartini, serta Pantai Bandengan.

Terdapat tulisan “Taman Pulau Kecil Pulau Panjang” yang dijadikan objek foto oleh para wisatawan.

Pantai di pulau Panjang sangat hening, bersih, dan tidak banyak polusi. Air di sekitar pantai jernih. Ikan kecil berenang bebas diatas karang yang nampak begitu jelas.

Soal makanan tak perlu khawatir. Didalam pulau, banyak warga yang mendagangkan bermacam jajanan. Pengelola juga menawarkan sepeda untuk wisatawan yang akan mengitari pulau ini. Ada juga yang menawarkan pelampung serta kacamata snorkel untuk wisatawan yang ingin snorkeling, dan perlengkapan camping untuk bermukim di pulau.

Pulau Panjang bisa didatangi wisatawan setiap hari, tanpa terkecuali. Tetapi, bila akan pergi wisata secara rombongan, disarankan untuk menentukan hari libur.

Berwisata di Pulau Panjang tidak mahal. Apabila sudah tiba di Pantai Kartini, atau Pantai Bandengan, dapat melanjutkan perjalanan di Pulau Panjang atau menambahkan perjalanan ke Pulau Karimunjawa.

One comment

Leave a Reply