Pulau Panaitan, Situs Warisan Dunia yang Terselip di Banten

Pulau Panaitan adalah pulau yang yang berada di sebelah barat Laut Jawa yang berdekatan dengan Ujung Kulon. Secara administratif pulau ini masuk kedalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten. Luas pulau ini sekitar 17.000 hektar dan memiliki beberbagai potensi alam yang menarik untuk anda ekplore.

Istimewa

Pulau Panaitan adalah sebuah pulau yang tidak kalah menariknya dengan Pulau Peucang. Perbukitan Pulau Panaitan terbentuk oleh hutan yang masih asli dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah terdapat pula berbagai macam hewan liar di dalam pulau ini seperti, babi hutan, rusa, monyet, ular phyton dan burung-burung serta ada pula buaya air tawar dan kadal raksa yang bisa anda di jumpai di pulau ini. Anda juga bisa melakukan traking ke atas bukit yang bernama Gunung Raksa tempat dimana patung-patung hindu purba pernah ditemukan.

Pulau Panaitan ini juga termasuk sebagai situs warisan dunia dari UNESCO bersama dengan Pulau Peucang dan Pulau Handeuluem karena masih dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Istimewa

Garis pantai Pulau Panaitan yang dihiasi dengan pantai pasir yang luas secara alami menciptakan beberapa lokasi wisata selam scuba untuk menikmati terumbu karang dan menciptakan gelombang ombak yang hebat untuk para peselancar.

Kawasan pantai berbatu dan berpasir putih dengan terumbu karang yang indah di dalam pulau ini sangat baik untuk kegiatan wisata alam bahari seperti menyelam dan snorkeling. Nah, bagi anda yang suka menyelam, salah satu tempat penyelaman yang terkenal di tempat ini adalah terumbu karang Batu Pitak dekat Legon Butun. Namun, karena kuatnya arus dan faktor-faktor alam lainnya, menyelam di sekitar Pulau Panaitan ini tidak direkomendasikan untuk para pemula.

Ilustrasi

Di beberapabagian dikawasan daratan pulau ini sudah tersedia jalan setapak untuk mengakomodasikan kegiatan tersebut diatas, namun sayangnya fasilitas/sarana disini masih belum memadai terutama layanan akomodasi bagi anda yang ingin berkunjung kepulau ini.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk  menikmati pesona keindahan alam Indonesia.

2 comments

iwan himawan
March 7, 2017
Slmt siang, untuk trip p panaitan apa ada di bulan april "17 terima kasih
Reply
    Admin
    March 7, 2017
    sore kak iwan :D, maaf untuk trip pulau panaitan hanya ada di weekend dan termasuk dalam paket ujung kulon
    Reply

Leave a Reply