Pulau Pahawang, Panorama Keindahan Bawah Laut di Lampung Selatan

Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 1.804 hektare dan terdiri dari dua pulau yaitu Pahawang Kecil dan Pahawang Besar yang masuk dalam wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pulau Pahawang.
istimewa

Keindahan Pulau Pahawang dan bawah lautnya ini tengah menjadi primadona wisata di Lampung Selatan, karena memiliki keindahan yang mampu menghipnotis anda untuk selalu datang kepulau ini.

Akses menuju kepulau ini terbilang cukup mudah, perjalanan dari Jakarta menuju Pahawang bisa dimulai dengan naik bus ke Pelabuhan Merak selanjutnya menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni dengan kapal feri. Sampai di Bakauheni, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus ke Dermaga Ketapang. Pulau-pulau kecil akan terlihat dari kejauhan ketika anda telah sampai di Dermaga Ketapang.

Pulau Pahawang.
istimewa

Buat Anda yang gemar menyelam, anda bisa berkesempatan untuk melihat hewan laut seperti ikan badut, anemon ungu, dan ubur-ubur jeli yang sedang berenang atau bersembunyi dibalik terumbu karang.

Spot menyelam yang biasa didatangi adalah Gosong Pancong, Cukuh Bedil, Gosong Bekri, dan Tanjung Putus. Tidak hanya berenang dan jalan-jalan ditepi pantai, Anda bisa juga mengeksplor sisi lain Pulau Pahawang dengan menyewa perahu.

Ikan Badut/Nemo.   Ilustrasi

Di Pulau Pahawang Kecil, ada satu jembatan yang bernama Tanjung Putus. Jembatan itu adalah penghubung antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Uniknya, jembatan itu cuma bisa tampak selagi air laut surut, sementara saat pasang akan terendam air.

Apabila anda tak ingin direpotkan ketika menuju Pahawang, Anda bisa juga melakukan perjalanan sendiri dengan kendaraan pribadi lalu naik kapal feri serta sewa perahu, atau bisa ikut open trip yang rata-rata harganya kurang lebih Rp400 ribu hingga Rp500 ribu (sudah termasuk tiket kapal feri, sewa perahu, dll). Agar anda tidak perlu sibuk mengurusi masalah transportasi dan akomodasi.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu sendiri, siapkan waktu anda dari sekarang untuk menikamati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply