Pulau Padar, Mutiara Tercantik Pulau Purba di Flores

Pulau Padar merupakan pulau ketiga terbesar yang berada dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Nama Pulau padar mungkin belum banyak di ketahui orang, seperti Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Akan tetapi keindahan dan keunikan pulau Padar tak kalah dari kedua pulau lainnya. Sekedar informasi pulau ini tidak dihuni oleh Komodo. Karena masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo, Pulau Padar ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca serta Gili Motang.

Pulau Padar.
istimewa

Letak Pulau Padar ini cenderung lebih dekat dengan Pulau Rinca ketimbang Pulau Komodo dan dipisahkan oleh Selat Lintah. Disekitar pulau ini juga terdapat pulau-pulau kecil yang memiliki ke unikan tersendiri di tiap-tiap pulaunya.

Tak hanya soal panorama alam yang indah saja yang dimiliki oleh pulau berbukit-bukit ini, anda bisa juga melakukan trekking untuk melihat keseluruhan pulau dan mengabadikan moment anda dari atas bukit, pulau ini juga memiliki beberapa pantai yang bisa anda nikmati kenidahannya seperti Pink Beach serta anda juga berenang dan juga bersnorkeling di sekitar pulau.

Pink Beach Pulau Padar.
istimewa

Anda juga akan disuguhi panorama “tiga danau” di Laut Flores. Tiga lekukan besar di kedua sisi tebing Pulau Padar, baik yang menghadap Pulau Komodo maupun Pulau Rinca, memang terlihat seperti tiga tepi danau yang melingkar. Selain itu juga anda dapat melihat cahaya sunrise dan bulan bersamaan dari atas bukit Pulau Padar. Inilah moment sunrise yang tak akan pernah terlupakan dalam hidup anda, karena anda berada di tengah-tengah cahaya sunrise dan bulan.

Sunrise di Pulau Padar.
istimewa

Untuk anda yang gemar berenang, Pulau Padar juga menawarkan panorama bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Sedikitnya, dipulau ini ada tiga spot cantik untuk anda menyelam yang berada di perairan pulau ini. Perairan pulau ini juga banyak ditumbuhi terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup menyajikan panorama alam laut yang indah. Jika anda beruntung, di titik-titik tertentu Anda bisa menjumpai ikan pari manta raksasa, ikan paus dan lumba-lumba.

Ilustrasi

Untuk menuju ke pulau ini, ada beberapa alternatif transportasi yang bisa anda gunakan. Namun, Anda harus lebih dulu terbang menuju Labuan Bajo dan dilanjutkan dengan perjalanan via kapal menuju Pulau Rinca. Dari Pulau Rinca, Anda baru menyeberang ke Pulau Padar.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk  menikmati pesona keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply