Pulau Moyo, Pesona Alam yang Mempesona Keluarga Kerajaan Inggris di Sumbawa

Pulau moyo adalah sebuah pualauyang berada di Utara Pulau Sumbawa. Secara administratif Pulau Moyo ini masuk kedalam wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 350 km2 dan memiliki garis pantai sepanjang 88 km.

Pulau Moyo ini memiliki destinasi wisata yang terkenal hingga mancanegara namanya air terjun Mata Jitu, Anda tidak akan bisa menolak pesona air terjun dengan airnya yang bersih, segar dan panoramanya yang indah pula. Karena keindahan dan panoramanya ini, Air Terjun Mata Jitu ini pernah di kunjungi oleh keluarga Kerajaan Inggris khususnya mendiang Putri Diana.

Air Terjun Mata Jitu.
istimewa

Jika anda berkunjung kepulau ini, dijamin anda akan betah dan ingin menikmati pesona yang diberikan oleh pulau ini. Nah, untuk datang kesini anda juga diwajibkan untuk mengatur waktu, karena waktu terbaik untuk datang kepulau ini saat musim kemarau yakni bulan Juni hingga Agustus.

Pulau Moyo yang terletak di Teluk Saleh ini memiliki Cagar Alam Taman Nasional Pulau Moyo, Letak hanya beberapa kilometer dari pantai utara. Selain itu juga, pulau ini memiliki pesona alam bawah laut berupa terumbu karang yang indah yang mengelilingi pulau ini, dan ada juga hewan liar seperti babi hutan, biawak dan 21 jenis kelalawar, rusa liar, kera pemakan kepiting, sapi liar, kura-kura dan Ikan hiu juga berbagai macam jenis burung.

Penginapan di Moyo Island.
istimewa

Pantai-pantai di sekitar Pulau ini juga tidak boleh terlewatkan. Pasir putih yang bebas polusi ini memberikan rasa nyaman dan menenangkan. Satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan dari pulau ini adalah lautnya. Sangat beruntung bila anda berada di antara keindahan alam yang masih perawan, asri, natural dan terjaga kebersihannya.

Keindahan biota laut pulau ini menjadi pilihan bagi anda yang senang menyelam. Bayangkan saja, ‘kerajaan’ terumbu karang yang berwarna-warni dan terjaga menggoda penyuka diving. Arus tenang dengan ikan-ikan berwarna warni menambah deretan panjang keindahan bawah laut pulau ini.

Nah, untuk sampai ke Pulau Moyo ada beberapa opsi perjalanan yang bisa anda lakukan. Jika menggunakan jalur darat, anda bisa menyewa mobil dari Mataram. Perjalanan dari mataram menuju pelabuhan Kayangan Lombok memakan waktu Sekitar dua jam. Dan menuruskan kembali menyeberang ke Pelabuhan Poto Nano Sumbawa Barat. Waktu yang ditempuh dari Pelabuhan Kayangan Lombok—Pelabuhan Poto Nano memakan waktu satu sampai dua jam. Kemudian dari Pelabuhan Poto Nano dilanjutkan kembali ke Sumbawa Besar dengan waktu tempuh 2 jam. Baru kemudian menuju Pulau Moyo.

Istimewa

Opsi kedua menggunakan jalur udara. Jika anda ingin menggunakan jalur udara, anda bisa menumpang pesawat Foker 50 tujuan Mataram–Sumbawa Besar. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Sumbawa Besar adalah 35 menit. Untuk sampai di Pulau Moyo dengan menyebrang melalui Pelabuhan Muara Kali. Transportasi yang disediakan pun beragam. Ada jasa kapal rakyat, menyewa kapal rakyat hingga menyewa speedboat. Jasa kapal rakyat biasanya beroperasi sekali perjalanan. Jadi, jika anda ketinggalan, datanglah ke tempat yang sama keesokan harinya. Tarifnya berkisar Rp. 25000/orang dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Kapal tiba di Pulau Moyo pada jam 9 dan berangkat kembali saat jam setengah 12.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply