Pulau Lengkuas, Perpaduan Sejarah dan Eksotis Alam yang jadi Primadona di Belitung

Pulau Lengkuas merupakan primadona pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang melingkari Pulau Belitung. Pulau Ini luasnya kurang dari satu hektar.  Daya tarik paling utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang di bangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Sampai sekarang ini, mercusuar itu masih berfungsi dengan baik.

Mercusuar Pulau Lengkuas. Istimewa

Secara khusus, lokasi dari Pulau Lengkuas ini ada di sisi utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Keindahan panoramanya yang dihiasi dengan banyaknya batu granit yang unik, pasir putih serta air laut yang jernih menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang bertandang ke Pulau Belitung. Pulau kecil yang bisa dikelilingi dalam waktu 20 menit ini, dapat didatangi dengan perahu sewaan dari Tanjung Binga ataupun Tanjung Kelayang.

Di Pulau Lengkuas, tidak hanya menikmati panorama pantai yang indah, kebanyakan pengunjung tidak akan melewatkan peluang menikmati panorama bawah laut dengan snorkeling atau diving. Air lautnya yang jernih, membuat anda dengan jelas bisa melihat ke dasar laut ikan-ikan yang berenang didalamnya. Ini merupakan tempat yang asyik untuk menyelam atau snorkeling.

Ilustrasi

Karena Pulau Lengkuas tidak terlalu luas, untuk melindungi kebersihan serta kelestarian lingkungan, pengunjung dianjurkan untuk membawa persediaan air minum/air tawar dan diingatkan pula untuk selalu membawa pulang kembali sampah yang di bawa selama berkunjung untuk di buang di tempat sampah.

Di sekitar pulau juga terdapat beberapa pulau batu-batu granit yang bisa dikunjungi hanya dengan jalan kaki melewati laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1. 2m. Susunan batu-batu granitnya juga unik serta berbeda dengan beberapa tempat lain dengan paduan pantai yang berpasir putih serta pepohonan.

Istimewa

Pulau Lengkuas bisa dikunjungi dengan menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yakni Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi.

Waktu tempuh berperahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu kurang lebih 20 menit. Dan juga dibutuhkan waktu sekira 30-45 menit jika menumpang perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

3 comments

Rina Regar
March 1, 2017
Mohon info berapa lama waktu tempuh dari tanjung kelayang ke pulau lengkuas. Trm ksh.
Reply
    Fikri Fauzan
    March 1, 2017
    Halo kak rina, untuk waktu tempuh dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu kurang lebih 20 menit dengan berperahu
    Reply

Leave a Reply