Pulau Karimunjawa, Surganya Wisata Bawah Laut

Pulau Karimunjawa adalah kepulauan yang berada di tengah laut jawa yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini memiliki luas daratan sekitar 1.500 Hektare dan luas perairan  kurang lebih 110.000 Hektare. Secara keseluruhan, Kepulauan Karimunjawa ini terdiri dari 27 pulau-pulau dan 5 diantaranya berpenghuni.

Pulau Karimunjawa.
istimewa

Mungkin anda para traveler sudah tak asing lagi dengan nama Pulau Karimunjawa ini, yang memiliki begitu banyak pesona alam dan kecantikan pulau serta alam bawah lautnya. Tapi tahukah anda, nama Pulau Karimunjawa ini berasal dari bahasa apa??ada yang tau?? Ya, nama Pulau Karimunjawa ini berasal dari bahasa jawa “kremun” yang berarti samar-samar. Konon nama pulau ini berasal dari cerita rakyat tentang Sunan Gunung Muria yang menyuruh anaknya yang nakal bernama Amir Hasan untuk memperdalam ilmu agamanya di pulau yang tampak kremun-kremun atau samar-samar jika dilihat dari atas puncak Gunung Muria, dari kata kremun inilah akhirnya pulau itu diberi nama Pulau Karimun .

Penginapan di Pulau Karimunjawa.
istimewa

Selain cerita rakyat yang melegenda, di pulau ini juga anda akan mendapat cerita yang menarik ketika anda pulang kerumah nanti setelah menikmati alam yang indah di Pulau Karimunjawa. Di pulau ini anda bisa mengeksplor wisata alam yang bisa anda kunjungi seperti, berenang di Kolam Hiu, Legon Lele, Bukit Love Bukit Nyamplungan, Bukit Joko Tuo, Menikmati Trekking di Hutan Mangrove, Bermain Air di Pantai Batu Karang pengantin, dan lain-lain.

Karimunjawa sendiri ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional pada 15 Maret 2001. Ini dikarenakan di pulau ini merupakan rumah bagi terumbu karang,  hutan bakau, hutan pantai, dan ada sekitar 400 spesies fauna laut diantaranya, 242 jenis ikan hias, dan juga terdapat habitat langka dari Elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Selain fauna laut yang berbagai macam jenisyang bisa anda temui disini, di pulau ini anda juga bisa menemukan flora yang menjadi ciri khas pulau ini yaitu Dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang berada di hutan hujan di dataran rendah Pulau Karimunjawa.

Istimewa

Selain menikmati alam bawah laut dan hutan hujan di pulau ini, anda juga bisa melakukan aktivitas bersantai atau bermain ombak di pantai yang memiliki pasir putih halus yang membuat anda ingin berlama-lama di pulau ini. Ombak di pulau ini tergolong rendah dan jinak jadi tak perlu khawatir jika anda tengah bermain air atau bersnorkeling ria di sekitar pantai pulau ini.

Nah, perjalanan menuju kepulau ini memang cukup mudah, bisa melalui jalur laut maupun udara. Namun, biasanya para wisatawan lebih sering menggunakan jalur laut, meskipun memakan waktu yang cukup lama sekitar 4-6 jam menggunakan kapal motor, namun jalur laut ini lah yang paling sering digunakan untuk sampai ke Pulau Karimunjawa.

Kolam Hiu di Pulau Karimunjawa.
istimewa

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu, siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply