Pulau Condong, Keunikan Alam Pulau Kecil di Lampung Selatan

Pulau Condong adalah sebuah pulau kecil yang terdapat di kawasan Pantai Pasir Putih, Lampung Selatan. Pulau ini secara administrasi masuk dalam wilayah Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan dan pulau ini tidak berpenghuni tetap dan pariwisata yang ada di pulau ini di kelola secara swadaya oleh masyarakat.

Pulau ini menawarkan pemandangan yang indah di sisi selatan dengan pantai berpasir putihnya yang akan memukau mata anda saat berkunjung kesini. Anda juga bisa melakukan susur pantai dengan berjalan kaki,  menyusuri jalan setapak yang ada di Pulau Condong ini yang menuju pinggir pantai yang berkarang tajam yang jaraknya puluhan meter. Dan diujung jalan setapak ini anda akan menemukan sebuah terowongan alami yang mengajak anda ke arah barat untuk menikmati sinar matahari yang terbenam dari celah karang.

Ilustrasi.

Dibalik keindahan yang dimiliki oleh Pulau Condong ini ternyata ada cerita yang cukup membuat bulu kuduk merinding, konon kabarnya di pulau ini pernah terjadi kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seorang gadis cantik karena putus cinta dan arwah dari si gadis tersebut sering pula menampakkan wujudnya kepada wisatawan yang berkunjung kepulau ini. Apakah anda tertantang untuk mencoba berkunjung ke pulau ini dan menikmati wisata sekaligus merasakan adrenaline yang berbeda dibalik keindahan Pulau Condong ini??Patut di coba..

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh pulau ini adalah bentuknya yang seperti mangkok yang terbalik dan menawarkan pemandangan yang menawan. Pulau kecil ini dapat dicapai menggunakan perahu motor, dengan waktu tempuh sekitar 15-25 menit. Keindahannya yang memukau membuat pulau ini layak untuk masuk dalam daftar liburan Anda saat berkunjung ke Lampung. Airnya sangat jernih, sehingga ikan-ikan kecil saja bisa terlihat dari permukaan. Belum lagi pasir putihnya yang menawan, tidak kalah dengan Pantai Pasir Putih.

Jalan Setapak Pulau Condong.
istimewa

Di Pulau Condong ini juga terdapat beberapa kios makanan yang dimiliki oleh warga di sekitar kawasan Pantai Pasir Putih. Jadi, anda tak perlu khawatir jika kekurangan makanan atau minuman, disini juga ada jasa penyewaan perahu yang merupakan usaha sampingan para nelayan di sini. Untuk menuju ke Pulau Condong ini anda bis menggunakan kendaraan pribadi dengan menuju ke Pelabuhan Merak lalu memyeberang ke Pelabuhan Bakauheni. Atau juga anda bisa menggunakan jasa angkutan dari terminal bus Tujuan Jakarta-Bandar Lampung.

Untuk bisa sampai di Pulau Condong, Anda harus masuk terlebih dahulu ke kawasan Pantai Pasir Putih dengan tiket Rp 6.000 per orang. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan jasa penyewaan perahu motor berkapasitas 10 orang yang tersedia setiap saat. Untuk satu kali menyeberang ke Pulau Condong, Anda cukup membayar Rp 60.000 per rombongan.

Terowongan Alami Pulau Condong.
istimewa

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply