Pulau Bunaken, Kerajaan Bawah Laut yang Fenomenal

Pulau Bunaken merupakan subuah pulau yang berada di Teluk Manado di sebelah utara Pulau Sulawesi. Pulau ini memiliki luas 8,08 km, pulau ini juga merupakan bagian dari kota Manado, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini juga memiliki taman laut yang masuk dalam Taman Nasional Bunaken. Pulau ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata terpopuler bahkan sampai  mancanegara.

Pulau Bunaken.
istimewa

Sekedar pengetahuan untuk anda para traveler, secara keseluruhan taman laut bunaken ini memiliki luas 75.265 hektare, yang meliputi lima pulau lainnya yang berada di dalamnya yaitu, Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan Pulau Naen, dan kelima pulau ini memiliki spot-spot diving di masing-masing pantainya yang mengelilingi pulau tersebut dan taman laut ini merupakan salah satu Biodiversitas kelautan tertinggi di dunia.

Buat anda nih para traveler yang memiliki hobi menyelam (Diving) bisa dibilang di Bunaken inilah salah satu “surga” menyelam yang memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan, sangat sayang sekali jika anda melewatkannya begitu saja. Disini terdapat 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi hingga kedalaman 1.344 meter. Dari 20 titik selam ini, 12 di antaranya terdapat di Pulau Bunaken dan paling 12 titik ini sering dikunjungi oleh para pecinta alam bawah laut dan penyelam. Karena disini ada sekitar 13 jenis terumbu karang yang menjulang vertikal kebawah hingga 50 meter.

Taman Laut Bunaken.
istimewa

Selain terumbu karang, pandangan mata anda akan dimanjakan oleh 91 spesies  ikan yang ada di Taman Laut Bunaken ini. ketika anda menyelam, akan ada banyak ikan yang bisa anda lihat seperti Koi Putih, Gusimi Lokal, Nila Gasi, Goropa, Lolosi ekor kuning, dan banyak lagi. Dijamin anda para traveler sejati  akan terhipnotis oleh kehidupan bawah laut di pulau ini. Tak hanya itu, disini juga terdapat hewan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis Cornuta)Nautilus, Kima Rakasas dan Tunikates atau askidian.

Tak hanya pemandangan indah saja yang bisa anda nikmati di pulau ini. Anda juga bisa menikmati pemandangan lainnya di permukaan yang disuguhkan oleh ke elokan lima pulau yang ada disekitar Pulau Bunaken ini. Pulau Bunaken sendiri merupakan objek wisata andalan di Provinsi Sulawesi Utara dan telah di tetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

Taman Laut Bunaken.
istimewa

Untuk menuju Pulau Bunaken atau Kawasan Wisata Taman Nasional Bunaken, anda bisa melakukan rute perjalanan melalui udara dari masing-masing kota tempat anda tinggal menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado. Lalu menggunakan taksi ke pelabuhan yang ada di Kota Manado dan menyeberang menuju Pulau Bunaken. Dan untuk anda yang ingin berlama-lama di pulau ini tak perlu khawatir, karena di pulau ini juga terdapat penginapan dengan harga yang terjangkau mulai dari harga backpacker hingga kualitas hotel bintang lima. Serta juga terdapat fasilitas penyewaan perahu/boat, alat snorkeling dan kamera under water yang bisa mengabadikan aktifitas anda selama berada di bawah laut dengan harga yang terjangkau.

Terumbu karang.
istimewa

Buat anda yang ingin melakukan liburan ke Pulau Bunaken ini, sebaiknya datang pada bulan Mei-Agustus, dikerenakan kondisi air laut disini sangat jernih dan suhunya sangat hangat serta kondisi ini sangat bagus untuk penyelaman.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu, siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply