Pulau Breueh, Secuil Surga yang Jatuh ke Bumi di Serambi Mekah

Pulau Breueh merupakan gugusan pulau yang berada disebelah barat laut pulau Sumatera. Secara Administrasi pulau ini berada di wilayah kecamatan Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Di pulau ini kekayaan dan keindahan alamnya masilah sangat alami dan belum tersentuh oleh tangan manusia.

Perjalanan untuk menunju pulau ini dapat anda lakukan dengan menggunakan perahu boat nelayan, karena transportasi inilah yang menjadi satu-satunya pilahan untuk menuju Pulau Breueh. Perjalan bisa anda lakukan dari Dermaga Peunayong, Banda Aceh menuju pelabuhan di Desa Meulingge, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar selama kurang lebih tiga jam atau anda juga bisa melalui pelabuhan-pelabuhan lainnya yang bisa di jangkau lebih cepat, seperti mela

Pantai Balu.
istimewa

Di Pulau Breueh ini, terdapat sebuah mercusuar bersejarah peninggalan kolonial Belanda yang berdiri sejak 1875 dan menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Untuk menuju ke Mercusuar yang bernama William’s Torren ini cukup menantang, anda harus melewati beberapa bukit yang dikelilingin oleh hutan lebat. Dan di pulau ini anda bisa juga menemukan sebuah pelabuhan bekas peninggalan Belanda yang kini sudah tidak utuh lagi dan hanya tersisa bongkahan tembok yang ada di bibir pantai.

Ilustrasi

Pulau Breueh ini juga memiliki beberapa pantai yang berpasir putih bersih dan landai, pantai-pantai di Pulau Breueh ini relatif tak terlalu ramai kecuali di pantai Lambaro yang terletak di desa Gugop, Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan berpasir putih dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam pulau ini. Dan ada lagi pantai yang menjadi primadona di pulau ini adalah Pantai Balu, di pantai ini pengunjungnya relatif lebih sepi dari pantai Lambaro karena letaknya yang cukup jauh sehingga membuat pantai ini bersih dan anda juga bisa merasakan keindahan pantai ini serasa miliki pribadi.

Mercusuar Willien Torrent.
istimewa

Tak hanya keindahan daratannya saja, pulau ini juga menyimpan pesona alam dunia bawah laut yang luar biasa. Panorama pantai pasir putih, cantiknya rerimbunan hutan hijau, disini juga terdapat beraneka ragam spesies ikan serta terumbu karang yang indah yang bisa anda nikmati di Pulau Breueh, ini adalah sebuah potongan surga yang jatuh ke bumi di Serambi Mekah.

Ilustrasi.

Nah, jika anda ingin berkunjung ke pulau ini, maka anda harus menyiapkan ongkos lebih karena di Pulau ini belum terdapat penginapan atau hotel dan juga ATM. Yang bisa anda lakukan disini adalah bermalam di rumah warga atau anda bisa juga berkemah dengan membawa tenda dan merasakan sensasi berpetualang di Pulau Breueh. Dan jangan lupa juga untuk meminta ijin kepada kepala desa setempat jika anda ingin bermalam atau berkemah disana.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu siapkan waktu dari sekarang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Leave a Reply