Pulau Belitung, Potensi Wisata Mengagumkan di Negeri Laskar Pelangi

Pulau Belitung dulunya dikenal sebagai Billiton yaitu satu pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, yang diapit oleh dua selat yaitu Selat Gaspar serta Selat Karimata.

Istimewa

Pulau Belitung banyak menyimpan potensi wisata alam yang menakjubkan yang bisa anda explore serta dijadikan sebagai tempat tujuan wisata liburan anda. Belitung sebelumnya terkenal sebagai daerah penghasil Timah Putih dan semakin dikenal luas setelah Film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel Andrea Hirata laris di tonton dan menjadikan Pulau Belitung mempunyai julukan sebagai Negeri Laskar Pelangi.

Deretan pantai nan indah sebagai tempat wisata yang dijanjikan oleh Belitung untuk memanjakan wisatawan yang datang ke pulaunya. Tidak cuma indah saja, akan tetapi sebagian pantai ini juga mempunyai kekhasan sendiri. Satu diantara pantai yang tidak hanya indah namun juga unik adalah Pantai Pulau Pasir. Pantai yang dapat dijangkau dengan perahu sekitar 15 menit dari Tanjung Kelayang ini bisa dikunjungi bila air laut tengah surut. pada saat air laut tengah naik pantai ini bakal tertutup air dan tidak dapat dikunjungi. Wisatawan yang datang ke pantai itu juga dapat menemukan banyak bintang laut yang menarik perhatian.

Istimewa

Lalu ada juga Pantai Tanjung Tinggi. Yang terletak di 31 KM dari kota Tanjung Pandan, pantai ini terhitung mudah dijangkau. Perjalanan ke pantai ini memakan waktu kurang lebih 40 menit. Bukan hanya anda akan disambut dengan keindahan pantai berbatu granit, tapi pasir putih halus bisa juga anda temukan disana.

Dan juga satu pulau yang terkenal dan memiliki keindahan lainnya adalah Pulau Lengkuas, pulau ini mempunyai ikon mercusuar peninggalan Belanda sejak 1882 setinggi 62 meter yang dapat anda naiki. Mercusuar ini masih tetap berfungsi hingga sekarang. Sesampainya diatas Anda dapat memandang panorama pulau-pulau eksotis serta birunya laut Belitung. Untuk menaikinya, Anda butuh meniti ratusan anak tangga, namun di tiap-tiap lantainya ada jendela di berbagai sisi yang memperlihatkan panorama yang sama.

Istimewa

Tak jauh dari pulau ini terdapat spot-spot snorkeling yang menyuguhkan panorama bawah laut mengagumkan. Rangkaian karangnya yang masih berumur muda, serta ikan-ikan yang berkeliling di sekitar anda begitu mengasyikan. Jangan sampai anda lupa membawa makanan seperti biskuit atau roti untuk memberikan makan ikan supaya berkumpul di sekitar anda.

Sekolah Laskar Pelangi.
Istimewa

Dan masih banyak lagi pulau pulau cantik yang bisa anda kunjungi di Belitung dengan berbagai keunikannya seperti Pulau Kepayang , pulau yang berbentuk memanjang menjorok ke tengah laut. Batu Berlayar, pulau yang memiliki tumpukan batu granit putih yang menjulang tinggi dengan berbagai bentuk akanterlihat disaat akan mendekati pulau ini. Dan juga Pulau Garuda yang terdapat tumpukan batu granit yang berbentuk seperti burung Garuda, oleh karenanya pulau itu diberi nama Pulau Burung atau Pulau Garuda serta beberapa pulau lainnya yang memiliki ciri khas yang berbeda beda. Jadi siapkan waktu libur anda untuk mengexplore ke indahan alam di Pulau Belitung.

Leave a Reply