Pantai Oeseli di Pulau Rote, Cantiknya Bikin Kita Lupa Dunia!

Sunyi di antara pantai pasir putih bebas sampah dan lautan jernih, itulah yang ditawarkan oleh Pantai Oeseli, mutiara tersembunyi di Pulau Rote. Selama ini mungkin orang-orang mendengar Kepulauan Rote begitu terpencil dan tidak tersentuh. Itu memang benar adanya. Tapi, dibalik lokasinya yang jauh, pesona Pulau Rote tidak terbantahkan.

Pulau Rote terletak dalam gugusan Kepulauan Rote di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menjadi salah satu tempat paling selatan di Indonesia dan berada dalam tapal batas negeri. Ke Selatan sedikit saja sudah masuk teritorial Australia.

Pantai Oeseli menjadi satu di antara pesona Pulau Rote. Selain perairannya yang jernih pantai ini menawarkan perairan dengan ombak yang tenang lantaran terlindungi oleh bukit karang yang besar. Kendati demikian, tempat ini menjadi lokasi favorit peselancar mancanegara yang hanya sekedar mencicipi sedikit ombak di balik bukit.

Beningnya perairan di Pantai Oeseli menjadi primadona tersendiri, bagaimana tidak ketika berenang, bayangan kita akan terlihat dari dasar laut. Belum lagi cantiknya panorama bawah laut yang layak untuk dinikmati.

Mangkanya, Pantai Oeseli adalah lokasi wajib bagi mereka yang hobi berenang atau snorkeling. Bawah lautnya, menyimpan berjuta-juta biota laut yang luar biasa indah. Karang dan ikan berwarna-warni memikat siapa saja yang melihat. Belum lagi jika perairan sedang surut, aneka ragam bintang laut, menjadi atraksi tersendiri bagi wisatawan.

Sangat disarankan untuk tidak meninggalkan Pantai Oeseli tanpa sunset yang mengesankan. Jadi, ada baiknya untuk menetap hingga sore hari demi panorama sunset yang konon paling spektakuler di Pulau Rote.

Oh ya, selain suguhan pantai, di kawasan Oeseli ini juga satu surga lain yang haram untuk dilewatkan, yakni Nirwana. Sebuah telaga yang tersembunyi di balik bukit. Nirwana adalah kumpulan air yang terkepung perbukitan di Oaseli. Jika sedang surut, telaga ini serupa dengan danau berpasir putih. Airnya berwarna biru kehijauan, sementara bawah lautnya serupa dengan Pantai Oaseli, semarak dengan karang dan ikan berwarna-warni.

Namun sayangnya, butuh perjuangan untuk mengunjungi Pantai Oeseli lantaran letaknya berada di pedalaman Pulau Rote. Dari Jakarta misalnya, perjalanan harus lebih dahulu menjangkau Kupang, lalu diteruskan dengan kapal laut atau pesawat perintis ke Kota Ba’a Pulau Rote. Selanjutnya bisa menggunakan jasa sewa mobil pribadi untuk ke Pantai Oeseli dengan lama perjalanan satu jam. Tapi tenang saja, lelahnya di perjalanan akan terbayarkan dengan segala keindahan yang ditawarkan Pulau Rote, termasuk Pantai Oeseli.

Bagaimana, tertarik menjelajah Pulau Rote?

Leave a Reply