Sumatera Utara

Sumatera Utara

Sumber : YouTube
 

Pesona Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia dan beribukota di Medan.

Sumatera Utara adalah salah satu daerah yang menampilkan pesona dari wajah Indonesia baik dari segi alam ataupun masyarakatnya. Tak hanya itu Sumatera Utara juga merupakan salah satu pilihan yang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari lokasi wisata yang indah. Wisata yang menjadi unggulan di tempat tersebut adalah keindahan Danau Toba yang sudah terkenal hingga pelosok dunia dan merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dengan pulau kecil ditengah yakni Pulau Samosir.

Pesona lainnya yang tidak kalah menarik adalah keindahan budaya lokal  di Sumatera Utara yang masih cukup terjaga keasliannya dimana masyarakatnya masih memelihara dengan baik dengan kesan yang unik. Seperti halnya Suku Batak yang bisa dijumpai disejumlah desa dengan wajah asli mereka yang masih memegang teguh warisan nenek moyang. Di Sumatera Utara juga masih bisa dijumpai sejumlah satwa liar yang saat ini terbilang langkah keberadaannya, seperti orang utan, siamang tangan putih, serta beberapa jenis burung yang hanya bisa ditemukan di Sumatera Utara.

Jelajahi Pesona Wisata Sumatera Utara bersama jelajahpulau.com.

Rekomendasi Objek Wisata

  • Istana Maimun
  • Air Terjun Sipiso-piso
  • Masjid Raya Medan
  • Danau Toba
  • Danau Linting
  • Cagar Alam Sibolangit
  • Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
  • Rumah Tjong A Fie

 

Ibukota PropinsiMedan
Jumlah Pulau419 Pulau
Jumlah Penduduk14.561.160 Orang (DKCS 2016)

Makanan Khas


Makanan Khas di Sumatera Utara sangat bervariasi, Salah satunya Saksang, masakan ini dibuat special untuk acara-acara adat batak dengan nuansa yang terbuat dari daging babi, daging anjing atau kerbau yang dicincang dan dibumbui dengan rempah - rempah. Selanjutnya Pelleng, Pelleng berupa nasi kuning dengan lauk ayam kampung yang telah dibumbui adalah makanan khas Sumatera Utara dengan cita rasa sangat pedas. Untuk makanan ikan dengke naniarsik yang merupakan ikan yang digulai tanpa menggunakan kelapa.

Selain itu ada juga yang disebut Roti Ketawa, Bentuknya yang bulat dan belahan di permukaannya sehingga terlihat seperti sebuah senyuman atau ketawa. Roti ketawa di beberapa daerah disebut juga dengan Onde onde ketawa. Roti ketawa memiliki tekstur yang sedikit keras , dan juga rapuh jika baru saja dimasak.

Sejarah

Pada zaman pemerintahan Belanda, Sumatera Utara merupakan suatu pemerintahan yang bernama Gouvernement van Sumatra dengan wilayah meliputi seluruh pulau Sumatera, dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di kota Medan.

Setelah kemerdekaan, dalam sidang pertama Komite Nasional Daerah (KND), Provinsi Sumatera kemudian dibagi menjadi tiga sub provinsi yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan. Provinsi Sumatera Utara sendiri merupakan penggabungan dari tiga daerah administratif yang disebut keresidenan yaitu: Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur, dan Keresidenan Tapanuli.

Seni & Budaya


Sumatera Utara merupakan provinsi multietnis dengan Batak, Nias, dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini. Daerah pesisir timur Sumatera Utara, pada umumnya dihuni oleh orang-orang Melayu. Pantai barat dari Barus hingga Natal, banyak bermukim orang Minangkabau. Wilayah tengah sekitar Danau Toba, banyak dihuni oleh Suku Batak yang sebagian besarnya beragama Kristen. Suku Nias berada di kepulauan sebelah barat. Sejak dibukanya perkebunan tembakau di Sumatera Timur, pemerintah kolonial Hindia Belanda banyak mendatangkan kuli kontrak yang dipekerjakan di perkebunan. Pendatang tersebut kebanyakan berasal dari etnis Jawa dan Tionghoa. Pusat penyebaran suku-suku di Sumatera Utara, sebagai berikut :

  1. Suku Melayu : Pesisir Timur, terutama di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Langkat
  2. Suku Batak Karo : Kabupaten Karo
  3. Suku Batak Toba : Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir
  4. Suku Batak Mandailing/Angkola : Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Padang Lawas
  5. Suku Batak Pesisir : Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga
  6. Suku Batak Simalungun : Kabupaten Simalungun
  7. Suku Batak Pakpak : Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Barat
  8. Suku Nias : Pulau Nias
  9. Suku Minangkabau : Kota Medan, Kabupaten Asahan, Pesisir Barat
  10. Suku Aceh : Kota Medan
  11. Suku Jawa : Pesisir Timur
  12. Suku Tionghoa : Perkotaan Pesisir Timur dan Barat

Pada budaya Sumatera Utara yang menonjol adalah arsitektur rumah adat yang merupakan perpaduan dari hasil seni pahat dan seni ukir serta hasil seni kerajinan. Arsitektur rumah adat terdapat dalam berbagai bentuk ornamen.Pada umumnya bentuk bangunan rumah adat pada kelompok adat batak melambangkan "kerbau berdiri tegak". Hal ini lebih jelas lagi dengan menghias pucuk atap dengan kepala kerbau.

Unfortunately there are no hotels at this location at the moment.

Unfortunately there are no self-catering offers at this location at the moment.

Pulau Asu 4D3N

Sumatera Utara
Pulau Asu 4D3N Paket Pulau Asu 4D3N Banyak cara untuk menghibur diri dari kepenatan terhadap hiruk p More info
Book now

Pulau Berhala 2D1N

Sumatera Utara
Pulau Berhala 2D1N Paket Pulau Berhala 2D1N adalah wisata pantai alami dan eksotis yang paling dekat More info
Book now

Pulau Mursala 4D3N

Sumatera Utara
Pulau Mursala 4D3N Paket Pulau Mursala 4D3N adalah sebuah pulau di Tapanuli Tengah yang memiliki pes More info
Book now

Explore Danau Toba 3D2N

Sumatera Utara
Explore Danau Toba 3D2N Paket Liburan Explore Danau Toba 3D2N terletak di wilayah Aceh Singkil. Sesu More info
Book now