Kepulauan Riau

Kepulauan Riau

Sumber : YouTube

Pesona Wisata Kepulauan Riau

Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia dan provinsi Riau di sebelah barat. Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia.

Kepulauan Riau penuh dengan potensi. karena letak geografis yang strategis, berada pada pintu masuk Selat Malaka dari sebelah Timur juga berbatasan dengan pusat bisnis dan keuangan di Asia Pasifik yakni Singapura. Disamping itu Provinsi ini juga berbatasan langsung dengan Malaysia.

Dengan Motto Berpancang Amanah, Bersauh Marwah, Provinsi Kepulauan Riau bertekad untuk membangun daerahnya menjadi salah satu pusat pertumbuhan perekonomian nasional dengan tetap mempertahankan nilai-nilai Budaya Melayu yang didukung oleh masyarakat yang sejahtera, cerdas, dan berakhlak mulia.

Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Lingga. Secara keseluruhan Wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 4 Kabupaten dan 2 Kota, 42 Kecamatan serta 256 Kelurahan/Desa dengan jumlah 2.408 pulau besar dan kecil dimana 40% belum bernama dan berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 252.601 Km2, di mana 95% – nya merupakan lautan dan hanya 5% merupakan wilayah darat

Wilayah Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari gugusan pulau-pulau besar dan kecil yang letak satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan perairan. Beberapa pulau yang relatif besar diantaranya adalah Pulau Bintan (lokasi dan kedudukan ibukota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang), Pulau Batam (Pusat pengembangan industri dan perdagangan), Pulau Rempang dan Galang (kawasan perluasan wilayah industri Batam), Pulau Karimun, Pulau Kundur, Pulau Lingga, Pulau Singkep, Pulau Bunguran, Pulau Siantan dan gugusan Pulau Anambas. Selain itu Provinsi Kepulauan Riau memiliki pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada, termasuk diantaranya pulau-pulau kecil yang terletak di wilayah perbatasan NKRI.

Wilayah Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari pulau-pulau yang berpenghuni 385 buah atau 16% dari seluruh pulau sisanya merupakan pulau kosong dan belum berpenghuni namun merupakan kawasan perkebunan dan hutan yaitu sebanyak 2.023 pulau atau 84%. Terdapat 19 buah pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain dan terdapat di lima kabupaten/kota.

Jelajahi Pesona Wisata Kepulauan Riau bersama jelajahpulau.com.

Rekomendasi Objek Wisata

  • Kepuluan Anambas
  • Nirwana Gardens
  • Pantai Kedondong
  • Pantai Lagoi
  • Pantai Lancang Kuning
  • Pantai Loola
  • Pantai Mana-mana
  • Pantai Trikora
  • Pantai Sakera
  • Pantai Sumpat
  • Pantai Sungai Lepah
  • Pantai Wisata Sebong Pereh
  • Pulau Bintan
  • Pulau Bungin
  • Pulau Kelong
  • Pulau Mantang
  • Pulau Mapur
  • Pulau Pangkil

 

Ibukota PropinsiTanjungpinang
Jumlah Pulau2.408 Pulau
Jumlah Penduduk9.544.430 Orang (DKCS 2016)

Makanan Khas

Masakan Kepulauan Riau merupakan masakan, makanan, atau minuman yang merupakan buatan asli dan ciri khas dari provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Masakan Kepulauan Riau sangat dipengaruhi oleh budaya suku Melayu, India, dan etnis Tionghoa. Beberapa makanan juga dipengaruhi budaya suku Jawa, Bali, Bugis, suku-suku di Sumatra, suku-suku di Kalimantan, bahkan budaya Eropa, khususnya Inggris dan Belanda.

Sejarah

Masa sejarah di Kepulauan Riau dimulai dengan ditemukannya Prasasti Pasir Panjang di Karimun yang terdapat semboyan pemujaan melalui tapak kaki Buddha. Hal ini diduga berhubungan dengan Kerajaan Melayu di Sumatera. Buddha diperkiran masuk melalui pedagang dari Tiongkok dan India.

Masa Islam di Kepulauan Riau berkembang dengan berdirinya Kesultanan Riau-Lingga. Kesultanan ini berasaskan Melayu Islam dan Islam sendiri dikenal setelah dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India, dan Arab.

Masa Kolonial sangat berpengaruh dalam sejarah Kepulauan Riau. Julukan Hawaii Van Lingga yang diberikan kepada pulau Penuba, penggunaan uang tersendiri bagi Kepulauan Riau, dan terbentuknya Karesidenan Riouw menjadi bukti pengaruh kuat para kolonial di Kepulauan Riau.

Setelah masa kemerdekaan, Kepulauan Riau bergabung dengan wilayah Kesultanan Siak di daratan Sumatera sehingga membentuk provinsi Riau. Dahulunya, Kepulauan Riau juga menggunakan mata uang tersendiri bernama Uang Kepulauan Riau (KR). Namun secara perlahan, penggunaan mata uang ini dihentikan dan digantikan dengan mata uang Rupiah.

Setelah lama bergabung dengan Riau, Kepulauan Riau akhirnya memutuskan untuk memisahkan diri dengan membentuk Badan Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau (BP3KR). Perjuangan BP3KR akhirnya membuahkan hasil dengan pemekaran provinsi Kepulauan Riau dari Riau pada tanggal 24 September 2002.

Seni & Budaya

Kesenian Kepulauan Riau

Musik Melayu Kepulauan Riau, dan musik yang berkembang oleh masyarakat Kepulauan Riau mencakup Musik Melayu dalam bentuk Langgam atau Senandung, Musik Joget, Musik Zapin, Musik Silat, Musik Inang, Musik Ghazal, Musik Boria, Musik Mak Yong, Musik Mendu, Musik Lang-lang Buana, Musik Bangsawan, Musik Barongsai, Musik Gamelan yang dulunya berkembang istana Daik Lingga dengan sebutan Musik Tari Joget Lingga, Musik Randai, Musik Dul Muluk, Musik Tari Inai, Musik Kompang, Musik Berdah, Musik Rebana, Musik Kasidah, Musik Nobat yang bisa digunakan pada acara ritual kerajaan di Riau Lingga, Musik Boria, Musik Kuna kepang, Musik Wayang cecak, Musik Randai, Musik Angklung, Musik Manora, Musik Keroncong, Musik Dangdut, Musik Pop, Musik Agogo, dan lainnya.

Teater Melayu yang berkembang di Provinsi Kepulauan Riau antara lain: Teater Makyong di Kabupaten Bintan tepatnya di Pulau Mantang, Pulau Panjang, Batam; Teater Mendu di Kabupaten Ranai tepatnya di Kecamatan Sedanau, dan Ranai; Teater Lang-lang Buana di Kabupaten Natuna tepatnya di Ranai, dan Wayang Bangsawan di Daik Lingga, Dabo Singkep, Pulau Penyengat.

Teater dari daerah lain yang berada di Provinsi Kepulauan Riau antara lain seperti: Randai, Ketoprak, Wayang Orang, Dul Muluk, dan Manora. Semuanya dikembangkan oleh masyarakat, dan suku lain yang berada di provinsi Kepulauan Riau.

Budaya Kepulauan Riau

Selain wisata pantai dan bahari, provinsi Kepulauan Riau juga memiliki objek wisata lainnya seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah. Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah karena di pulau ini terdapat masjid bersejarah, dan makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji yang kedua-duanya adalah pahlawan nasional.

Unfortunately there are no hotels at this location at the moment.

Pulau Bintan 3D2N

Kepulauan Riau
Pulau Bintan 3D2N Paket Pulau Bintan 3D2N Bintan adalau sebuah pulau terbesar di Propinsi Kepulauan More info
Book now

Pulau Natuna 4D3N

Kepulauan Riau
Pulau Natuna 4D3N Paket Pulau Natuna 4D3N ini bakal memberi kita chemistry wisata yang mengagumkan. More info
Book now

Pulau Anambas 4D3N

Kepulauan Riau
Pulau Anambas 4D3N Paket Pulau Anambas 4D3N Raja Ampat, Komodo, dan Alor mungkin teman-teman sudah s More info
Book now