Jawa Barat

Jawa Barat

 

Pesona Wisata Jawa Barat

Adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan ibu kotanya berada di Kota Bandung. Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat.

Kawasan pantai utara merupakan dataran rendah. Di bagian tengah merupakan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa. Titik tertingginya adalah Gunung Ciremai, yang berada di sebelah barat daya Kota Cirebon.

Selain Jawa Barat terkenal sebagai provinsi Ibukota Jakarta ternyata Jawa Barat juga menyimpan tempat wisata yang eksotis dan memikat untuk kita kunjungi. Sudah banyak para wisatawan asing dan wisatawan domestik yang memilih Jawa Barat sebagai tempat liburan yang menyenangkan.

Mari Jelajahi Pesona Wisata Jawa Barat bersama jelajahpulau.com.

Rekomendasi Objek Wisata

  • Pantai Pelabuhan Ratu
  • Curug Cikaso
  • Taman Bunga Nusantara
  • Green Canyon
  • Pantai Ujung Genteng
  • Pulau Biawak
  • Pantai Ranca Buaya
  • Situ Patenggang
Ibukota PropinsiBandung
Jumlah Pulau131 Pulau
Jumlah Penduduk42.338.725 Orang (DKCS 2016)

Makanan Khas

Kawasan Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiki banyak kuliner tradisional. Kuliner yang memiliki ciri khas pada tiap daerah turut melengkapi dan mewarnai keberadaan kuliner di nusantara Indonesia. Berikut daftar kuliner pada tiap daerah di Jawa Barat :

  • 1. Kuliner khas Jawa Barat di Kota Bandung seperti soto bandung, Batagor, Nasi Timbel, peuyeum bandung, mie kocok, kupat sayur, baso tahu, siomay, angeun kacang beureum, sayur asem, peuyeum ketan, borondong, ladu, ali agrem, kolontong, opak, ranginang, keripik tempe, keripik oncom, awug, tahu bandung, Colenak alias dicolek enak, Surabi, Awug Beras. Cimol.
  • 2. Kuliner Daerah Cianjur seperti geco, tauco, aneka manisan buah seperti manisan pala, salak, dan mangga.
  • 3. Kuliner Daerah Bogor seperti laksa, sirop pala. keripik tales, asinan bogor, lapis hejo.
  • 4. Kuliner Daerah Cirebon seperti empal gentong, tahu gejrot, nasi lengko, kurupuk udang, sirop campolai, terasi, ikan asin, dan emping.
  • 5. Kuliner Daerah Sumedang seperti tahu atau ubi cilembu.
  • 6. Kuliner Daerah Sukabumi seperti sirup pala atau kue moci.
  • 7. Kuliner Daerah Kuningan seperti peuyeum ketan.
  • 8. Kuliner Daerah Majalengka seperti kecap.
  • 9. Kuliner Daerah Subang seperti dodol nanas atau sale nanas.
  • 10. Kuliner Daerah Garut seperti aneka macam dodol ketan dan sale kesemek.
  • 11. Kuliner Daerah Tasikmalaya seperti dodol sirsak, sale pisang atau opak, ranginang.
  • 12. Kuliner Daerah Ciamis seperti minyak kelapa, galendo, keripik pisang, dan sale pisang.

Sejarah

Perkembangan Sejarah menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi yang pertama dibentuk di wilayah Indonesia (staatblad Nomor : 378). Provinsi Jawa Barat dibentuk berdasarkan UU No.11 Tahun 1950, tentang Pembentukan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Bagian barat laut provinsi Jawa Barat berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ibu kota negara Indonesia. Pada tahun 2000, Provinsi Jawa Barat dimekarkan dengan berdirinya Provinsi Banten, yang berada di bagian barat. Saat ini terdapat wacana untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan, dengan memperhatikan aspek historis wilayah ini. Namun hal ini mendapatkan penentangan dari wilayah Jawa Barat lainnya seperti Cirebon dimana tokoh masyarakat asal Cirebon menyatakan bahwa jika nama Jawa Barat diganti dengan nama Pasundan seperti yang berusaha digulirkan oleh Bapak Soeria Kartalegawa tahun 1947 di Bandung maka Cirebon akan segera memisahkan diri dari Jawa Barat, karena nama "Pasundan" berarti (Tanah Sunda) dinilai tidak merepresentasikan keberagaman Jawa Barat yang sejak dahulu telah dihuni juga oleh Suku Betawi dan Suku Cirebon serta telah dikuatkan dengan keberadaan Peraturan Daerah (Perda) Jawa Barat No. 5 Tahun 2003 yang mengakui adanya tiga suku asli di Jawa Barat yaitu Suku Betawi yang berbahasa Melayu dialek Betawi, Suku Sunda yang berbahasa Sunda dan Suku Cirebon yang berbahasa Bahasa Cirebon.

Seni & Budaya

Kesenian Jawa Barat

Jawa barat yang terkenal dengan budaya sunda, budaya sunda terasa kental sekali melekat pada masyarakat jawa barat mulai dari bahasa yang unik , tarian jaipongnya yang sudah terkenal dan wayang goleknya yang juga unik dan mengagumkan, yang tidak kalah mengagumkan adalah angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang menghasilkan suara khas yang tiada duanya.

Bahasa yang digunakan masyarakat jawa barat selain bahasa indonesia tentu nya, terdapat bahasa daerah yang disebut dengan bahasa sunda.

Budaya Jawa Barat

Kebudayaan Provinsi Jawa Barat atau yang biasa dikenal dengan kebudayaan sunda, merupakan salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Budaya ini merupakan salah satu budaya tertua di Indonesia. Sebagai salah satu suku, budaya sunda merupakan salah satu cikalbakal berdirinya peradaban Nusantara. Budaya sunda sudah ada sejak berdirinya kerajaan Salakanaraga dan Tarumanegara.

Sunda berasal dari kata Su = Bagus atau Baik, segala sesuatu yang mengandung unsur kebaikan, orang Sunda diyakini memiliki etos atau watak atau karakter Kasundaan sebagai jalan menuju keutamaan hidup. Watak atau karakter Sunda yang dimaksud adalah cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (mawas diri), dan pinter (pandai/ cerdas) yang sudah dijalankan sejak jaman Salaka Nagara sampai ke Pakuan Pajajaran, telah membawa kemakmuran dan kesejahteraan lebih dari 1000 tahun.

Makna kata Sunda sangat luhur, yakni cahaya, cemerlang, putih, atau bersih. Makna kata Sunda itu tidak hanya ditampilkan dalam penampilan, tapi juga didalami dalam hati. Karena itu, orang Sunda yang 'nyunda' perlu memiliki hati yang luhur pula. Itulah yang perlu dipahami bila mencintai, sekaligus bangga terhadap budaya Sunda yang dimilikinya. Namun, modernisasi dan masuknya budaya barat lambat laun mengikis keluhuran budaya Sunda, yang membentuk etos dan watak manusia Sunda.

Unfortunately there are no hotels at this location at the moment.

Unfortunately there are no tour offers at this location at the moment.