Kepulauan Derawan, Alam Bawah Lautnya yang Mempesona Dunia

Kepulauan Derawan merupakan kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Yang luas wilayahnya sekitar 44.60 hektar ini memiliki pesona alam bawah laut yang mempesona dan diminati oleh wisatawan mancanegara dan juga para penyelam dunia. Selain Pulau ini, ada Empat pulau yang terkenal di kepulauan ini yang jaraknya berdekatan yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang memiliki hewan langka yang di lindungi yaitu penyu hijau dan penyu sisik.

Istimewa

Jika anda berkunjung ke kepulauan ini, anda bisa menikmati pemandangan alam bawah laut yang begitu menakjubkan yang membuat anda tak bisa berkata apa-apa. Karena, alam bawah laut di Kepulauan Derawan ini terletak di pusat kawasan segitiga karang dunia dengan keanekaragaman hayati karang tertinggi di dunia. Hal ini disebabkan, Terumbu karang di Kepulauan Derawan mencakup 53% terumbu karang dunia serta merupakan Ekoregiun Laut Sulu-Sulawesi yang melintasi tiga negara sekaligus yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Istimewa

Karena masuk dalam kawasan segitiga karang dunia, anda bisa melihat berbagai macam terumbu karang hidup di kawasan pesisir pulau ini dan juga bisa bertemu dan melihat hewan-hewan yang di lindungi seperti Penyu Sisik, Paus, Penyu Hijau, Lumba-lumba, Kima, Duyung, Ketam Kelapa, Ikan Barakuda dan beberapa Spesies lainnya yang hidup di bawah laut Kepulauan Derawan ini. Selain alam bawah laut nya Derawan juga memiliki kakayaan alam lainya seperti Padang lamun dan Hutan Mangrove serta Pantai dengan pasir putihnya yang bersih, Jika anda beruntung, anda dapat menyaksikan penyu bertelur.

Istimewa

Selain mengeksplor Pulau Derawan, pengunjung juga bisa mengunjungi pulau kecil lainnya yang masih ada di sekitar pulau yang memiliki keunikan wisata alam tersendiri seperti menyelam bersama ikan pari hitam raksasa yang memiliki panjang 6 meter, ketam kelapa, lumba-lumba, dugong, penyu hijau, penyu sisik, paus dan juga danau yang berada di tengah laut.

istimewa

Dipulau ini juga terdapat banyak resort dan penginapan yang tersebar di pinggir pantai dan bisa anda gunakan untuk bermalam, harganya pun cukup terjangkau bagi anda yang ingin berliburan ke pulau ini.

Ada beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk sampai di Kepulauan Derawan dengan mudah, anda bisa menggunakan pesawat dari kota asal anda dengan tujuan Balikpapan, selanjutnya terbang kembali ke Tanjung Redep selama satu jam menggunakan pesawat komersil lokal (DAS, Deraya atau KALStar) lalu menyewa motorboat menuju Pulau Derawan. Selain pesawat anda juga bisa menggunakan jalur laut menggunakan kapal dari Samarinda atau Tarakan.

Penyu Hijau Kepulauan Derawan.
istimewa

Perlu diketahui, Kepulauan Derawan ini telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

Jadi kapan lagi #jelajahinegerimu Siapkan waktu dari sekarang dan nikmati keindahan alam Indonesia yang menakjubkan.

Leave a Reply