Facilities

  • Air Condition
  • Airport Shuttle Service
  • Beachfront
  • Private Bathroom
  • Restaurant
  • Seating area
  • TV
  • WiFi

We are sorry, there are no reviews yet for this accommodation.

Nusa Tenggara Timur

Portugis telah membuat kota ini memiliki peran penting karena sebelumnya NTT merupakan tempat yang terpencil dan jarang dikunjungi pendatang. Portugis juga yang telah memberi nama Pulau Timor dan Solor.

Pada abad ke-17, Belanda mencoba mengambil alih namun sedikit yang telah dilakukan di wilayah ini. Setelah berabad-abad, kehidupan alam liar di sini tidak berubah sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan petualangan di tempat yang eksotik dan alami.

Di awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil. yang beribukota di kota Singaraja, kini terdiri atas 3 provinsi (berturut-turut dari barat): Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Setelah pemekaran, Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor.

Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat (biasa dipanggil Timor).

Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.

Sports and nature

Kuliner Nusa Tenggara Timur utamanya menggunakan ikan sebagai olahan makanan karena kebanyakan profesi disana adalah nelayan. Mengunjungi daerah Nusa Tenggara Timur, kita bukan hanya menemukan tempat wisata yang menarik dan indah. Bahkan kawasan ini memiliki aneka keragaman kuliner khas yang cukup dikenal dan menarik untuk dicoba. Beberapa kuliner yang khas di Nusa Tenggara Timur yaitu, Daging Se'i, Sambal Lu'at, Jagung Bose, Catermak Jagung, Tumisan, Sambal Ikan Teri dan Ikan Kuah Belimbing. Mempunyai cita rasa khas dengan dominan rasa asam pedas yang meningkatkan kenikmatan wisatawan, tidak lupa banyak menu menggunakan bahan jagung putih yang membuat menu tersebut lebih lezat dari jagung kuning biasa.

Culture & history

Kesenian Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur memiliki banyak tarian tradisional yang digunakan untuk kemeriahan suatu acara, upacara atau penyambutan. Beberapa tarian tradisional tersebut :

Tari Perang

Tarian yang menunjukkan sifat - sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yag dipakai berupa cambuk dan perisai.

Tari Gareng Lameng

Dipertunjukkan pada upacara Khinatan. Tarian ini berupa upacan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhinat, sehat lahir dan batin dan sukses dalam hidupnya.

Tari Lendo Nusa Malole

Tari garapan yang berarti mensyukuri nasib yang baik menggunakan irirngan musik sasando ini merupakan tari penyambut tamu yang memanfaatkan gerak gerak tari tertentu agar massa ikut dalam kegembiraan.

Selain tarian, Nusa Tenggara Timur mempunyai alat musik tradisional, beberapa alat musik tradisional tersebut :

Sasando

Alat musik tradisional Nusa Tenggara Timur ini berasal dari pulau Rote. Sasando terbilang jenis alat musik yang sangat unik. Karena keunikannya, ia bahkan sempat menjadi gambar utama dalam latar mata uang pecahan Rp. 5000.

Sasando terdiri 2 bagian utama, yaitu bagian yang terbuat dari bambu dan bagian yang terbuat dari daun lontar. Bagian yang terbuat dari bambu adalah tempat melekatnya dawai-dawai sasando yang banyaknya 28 dawai (sasando Engkel), 56 dawai (sasando Dobel), atau 84 dawai. Dawai-dawai tersebu dipasang melingkar bambu dengan panjang yang beragam.

Heo

Heo adalah alat musik gesek yang dibuat dari papan dengan alat gesek dari rangkaian ekor kuda. Heo memiliki 4 buah dawai dengan nada-nada dasar yang berbeda. Cara memainkan heo persis sama seperti cara memainkan biola pada umumnya.

Budaya Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur memiliki beragam kebudayaan, diantaranya :

a. Rumah Adat

Rumah adat yang dimiliki Nusa Tenggara Timur salah satunya adalah Saoata Musalakitana. Rumah Saoata Musalakitana adalah rumah rumah adat di Nusa Tenggara Timur yang biasanya untuk tempat tinggal lurah, camat atau pembesar lainnya. Rumah ini berbentuk panggung dan dibawahnya terdapat balai panjang tempat menerima tamuyang tiangnya berdiri dari landasan batu besar, sehingga tidak perlu ditanam dalam tanah.

b. Pakaian Adat

Pakaian adat yang dipakai kaum pria di Nusa Tenggara Timur berupa topi dengan bentuk yang khas, baju jas ttup, selempang kain tenun dan bersarung kain tenun. Sebilah golok terselip didepan perut. Perhiasan yang dipakai berupa kalung dan pending.

Sedangkan wanitanya memakai hiasan kepala berbentuk bulan sabit, kain tenun yang menyelempang di bahu dan kain tenun yang menutup bagian dada hingga kaki.perhiasan yang dipakai adalah subang, kalung, pending, dan gelang tangan. Pakaian ini berdasarkan pakaian adat Rote.


Read more